Kamis, 28 Februari 2013

Jilatan Api Matahari TerTangkap Kamera

Para ilmuwan NASA mengatakan, Sebuah tempat kolosal di permukaan matahari cukup besar untuk menelan enam Bumi, dan bisa memicu jilatan api matahari minggu ini.

The sunspot raksasa tertangkap kamera oleh Dinamika Surya NASA Observatory seperti membengkak menjadi proporsi yang sangat besar selama 48 jam mencakup Selasa dan Rabu (19 dan 20 Februari). SDO adalah salah satu dari pesawat ruang angkasa beberapa yang terus-menerus memantau lingkungan ruang cuaca matahari.

"Hal ini telah berkembang menjadi lebih dari enam diameter bumi di seluruh, tetapi sepenuhnya adalah sulit untuk menilai karena tempat terletak pada bola, bukan disk datar," tulis juru bicara NASA Karen Fox, badan Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Md , dalam sebuah deskripsi gambar..

  Sebuah sunspot kolosal di permukaan matahari cukup besar untuk menelan enam Bumi, dan bisa memicu jilatan api matahari minggu ini, menurut para ilmuwan NASA.

Matahari saat ini di tengah-tengah fase aktif 11-tahun siklus cuaca matahari dan diperkirakan akan mencapai puncak aktivitas kadang tahun ini. Siklus matahari saat cuaca dikenal sebagai Solar Cycle 24.

NASA Solar Dynamics Observatory diluncurkan pada 2010 dan merupakan salah satu dari armada pesawat ruang angkasa menjaga mencermati matahari untuk tanda-tanda dari jilatan api matahari, letusan dan acara ruang lainnya cuaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar