Senin, 18 Februari 2013

Bintang yang Mampu Menciptakan Planet | Paranoid Site

Sumber : http://paranoid-site.blogspot.com/

   Bintang diyakini mampu melahirkan planet-planet yang mengorbit diluar sistem Tata Surya. Ilmuwan menggunakan teleskop Luar Angkasa Herschel Milik Europan Space Agency (ESA), menemukan bahwa bintang yang bernama TW Hyrae cukup masif untuk mampu menciptakan banyak planet.

   Sebuah Material berbentuk cakram yang mengelilingi bintang TW Hydrae cukup besar untuk membuat planet ketimbang Planet yang ada dalam sistem Tata Surya. ESA dan NASA terlibat dalam penelitian bintang masif tersebut.

   Ilmuwan meyakini TW Hydrae telah terbentuk sekira 10 Juta tahun dan berjarak 167 tahun cahaya. TW Hydrae memiliki jarak yang relativ dekat dengan bumuoleh standar astronomi. Cakram pembentuk planet telah dipelajari dengan baik oleh para ilmuwan.

   TW Hydrae relatif muda, namun bintang ini telah melewati usia, dimana planet raksasa mungkin sudah terbentuk. "kami tidak mengharapkan untuk melihat begitu banyak gas di sekitar bintang ini." ujar Edwin Bergin dari University of Michigan.

   Bergin memimpin studi baru yang diterbitkan dalam Jurnal Nature. "umumnya bintang pada usia ini telah membersihkan material di sekitarnya. Namun, bintang ini masih memiliki masa yang cukup untuk membuat Planet yang setara dengan 50 Jupiter," tutur Begin. dalam laporanya., Bergin menunjukan metode baruyang lebih tepat untuk menimbang cakram pembentuk planet.

   Teknik sebelumnya untuk menilai massa, dinilai tidak langsung dan tidak pasti. sedangkan metode ini bisa menyelidiki langsung terkait gas yang mendukung pembuatan Planet.

Baca juga artikel lainya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar