Minggu, 03 Maret 2013

Aplikasi Teknik Elektro di LAPAN Bandung

   Sebagai lembaga litbang, LAPAN khususnya Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) telah lama mengembangkan aplikasi teknik elektro. Pengembangan tersebut lebih diarahkan kepada bidang teknologi atmosfer. Informasi pengembangan dan penerapan teknik elektro dalam mendukung litbang Sains dan Teknologi Atmosfer sifatnya terbuka untuk umum.

   Hal demikian dilakukan seperti pada saat menerima kunjungan Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Bina Darma. Acara kunjungan dilakukan pada hari Jum’at, 15 Februari 2013 pukul 09.00 sampai pukul 11.30, diikuti 44 orang, terdiri 40 orang mahasiswa beserta 4 orang dosen pembimbing.


   Rombongan yang berkunjung dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Teknik Elektronika, Yessy Marniati, ST. Dalam sambutannya menyatakan terima kasih dan bangga bisa mendapatkan kesempatan berkunjung ke kantor LAPAN untuk mendapatkan ilmu dan informasi tentang aplikasi teknik elektro. “Kunjungan ini merupakan program yang dirancang untuk mahasiswa agar mendapatkan informasi dan ilmu praktis, dan pengalaman dalam berinteraksi dengan institusi dan industri yang memanfaatkan teknik elektro”, ungkap Yessy dalam sambutannya.

   Pimpinan LAPAN yang diwakili oleh Kepala Bidang Komposisi Atmosfer, Drs. Saipul Hamdi, M.Sc. menyambut baik acara kunjungan ini. “Kami menyambut baik kegiatan seperti ini. Kami siap memberikan informasi, ilmu pengetahuan yang dibutuhkan sesuai dengan tugas fungsi institusi kami. Semoga para mahasiswa dapat menggali informasi seperti yang diharapkan dan kerjasama ini terus berlanjut untuk kedepannya. ”, kata Saipul Hamdi.

   Dalam layanan informasi ini, diawali dengan pemaparan tentang profil LAPAN yang disampaikan oleh Pranata Humasnya, Sudirman, SH., MAP. Berikutnya pemaparan tentang penerapan teknik elektro yang dibagi 2 (dua) sesi, pertama tentang pengembangan intrumen CO2 dan kedua, tentang pemanfaatan teknologi satelit. Materi pertama disampaikan oleh Asif Awaludin, S.Si., M.Si., dan materi kedua disampaikan oleh Risyanto, S.Si. Setelah pemaparan materi kegiata litbang teknik elektro, dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab. Kegiatan kunjungan ditutup dengan peninjauan peralatan penelitian di LAPAN Bandung. Kunjungan berakhir sekitar pukul 11.30.

Sumber : lapan.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar