Rabu, 27 Maret 2013

Ditemukan Mesin Roket Misi Apollo

Paranoid – Dua buah mesin yang digunakan dalam fase pertama roket Saturn yang digunakan dalam misi Apollo, kini telah ditemukan dan berhasil diangkat dari kedalaman 4 km di bawah permukaan laut di Samudera  Atlantik.

Upaya penyelamatan ini berhasil dilakukan oleh tim ekspedisi yang dipimpin oleh Jeff Bezos yang jugs pendiri Amazon.

Bezos memang dikenal sebagai penggemar luar angkasa sejak lama. Ia dan timnya menjelajah Samudera Atlantik selama tiga minggu, dan akhirnya menemukan dua buah mesin F-1 di dasar samudera tersebut pada bulan Maret 2012 lalu. Kedua mesin yang diangkat kini telah direstorasi dan dipamerkan kepada khalayak umum.

“Kami telah melihat ‘negeri dongeng’ di bawah air, sebuah taman dengan mesin F-1yang mengisahkan cerita tentang akhirnya yang panas dan berkobar, salah satu dari mesin itu menjadi bukti bisu program Apollo,” tulis Bezos dalam blognya dari kalap Seabed Worker, yang sedang dalam perjalanan pulang menuju Cape Canaveral.

“Setiap kepingan yang (berhasil) kami angkat ke geladak kapal, memunculkan lagi kenangan tentang ribuan teknisi yang bekerja bersama-sama (pada saat itu) untuk melakukan sesuatu yang pada saat itu dilihat sebagai sesuatu hal yang sangat mustahil untuk dilakukan,” tambah Bezos yang dikutip BBC, Kamis (21/3/2013).

Mesin F-1 yang ditemukan Bezos dan timnya merupakan sebuah mesin pendorong yang menurut agensi luar angkasa Amerika Serikat, NASA, merupakan mesin satu bilik dengan bahan bakar cair yang paling bertenaga yang pernah dikembangkan. Ada lima mesin F-1 yang dipasang dibagian bawah roket Saturn-V untuk digunakan pada program Apollo saat itu.

Keberhasilan Bezos dan timnya mendapat ucapan selamat dari administrator NASA, Charles Bolden. Dalam pernyataannya, Bolden mengatakan bahwa temuan yang dilakukan Bezos dan timnya merupakan temuan bersejarah. Oleh karena itu ia memberikan selamat kepada tim atas kebulatan hati dan ketekunannya dalam memulihkan kembali artefak yang merupakan saksi bisu dari upaya pertama pengiriman manusia keluar orbit Bumi.

Aktivitas Bezos yang menunjukkan kecintaannya pada dunia antariksa tidak hanya dalam ekspedisi ini. Ia juga merupakan pemimpin Blue Origin, satu dari sekian banyak firma penerbangan luar angkasa swasta yang bertujuan menurunkan biaya penerbangan luar angkasa secara drastic.

Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar