Selasa, 05 Maret 2013

Lapan Kerja Sama Dengan Kedirgantaraan

Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana dan Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Dr. Asep Karsidi menandatangani naskah Nota Kesepahaman tentang kerja sama Pemanfaatan Kedirgantaraan dan Informasi Geospasial. Penandatanganan berlangsung di Aula Utama Gedung BIG di Cibinong, Bogor.


Nota Kesepahaman tersebut meliputi ruang lingkup penyediaan dan pemanfaatan data, penelitian dan pengembangan, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang kedirgantaraan dan informasi geospasial. Kedua instansi sepakat untuk saling bekerja sama, mengembangkan dan meningkatkan potensi yang dimiliki
Kepala Lapan (kanan) memberikan cinderamata kepada Kepala Badan Informasi Geospasial (kiri) usai penandatangan naskah kesepakatan kerja sama tentang pemanfaatan kedirgantaraan dan informasi geospasial.

masing-masing, serta berkolaborasi sebagai wujud partisipasi dalam pembangunan nasional.

Dalam sambutannya, Bambang menjelaskan bahwa Lapan dan BIG (dulu Bakosurtanal) merupakan dua instansi yang tidak terpisahkan. "Secara natural, Lapan dengan BIG sudah bekerja sama. Dengan adanya MoU ini, semoga menjadi dasar untuk memperkuat kerja sama Lapan dengan BIG," ucap Bambang. Lebih jauh, tambah Bambang, dengan adanya kerja sama ini maka data remote sensing via satelit yang dimiliki Lapan dan data geospasial akan jadi data ’kembar’ yang dibutuhkan masyarakat dan pemerintah.

Hal tersebut juga diamini oleh Asep Karsidi. "Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, kedua instansi dapat melaksanakan data sharing sehingga dapat lebih optimal berpartisipasi dalam pembangunan nasional," tutur Asep.

Selain itu, sebagai wujud kerja sama ini kedua instansi juga mendorong terbitnya Inpres tentang Pengadaan Data Satelit. Sampai saat ini, Inpres tersebut telah memasuki taraf penting pengesahannya. Diharapkan pasca lahirnya Inpres tersebut, dengan dilandasi semangat kerja sama sudah diresmikan, kedua instansi dapat lebih bersinergi untuk mewujudkan cita-cita pengadaan citra nasional yang efektif dan efisien dalam pembangunan nasional.

Sumber : lapan.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar